Waspada, Indonesia Bisa Saja Bubar

JAKARTA, PROJUSTISIANEWS.ID — Roh Bangsa baru yang disebut BANGSA Indonesia ini ada di Kebudayaan 714 Suku Nusantara yang terletak di 75.000 Desa.

Tetapi karena sejak Rejim Otoriter Orba berkuasa Kebudayaan-kebudayaan di atas memang sengaja dimarjinalkan demi kelanggengan kekuasaan otoriter dan kemudian diperparah, yaitu malah dilupakan atau terlupakan sejak Reformasi 98 (demokrasi liberal, Buya Syafi’i menyebutnya Demokrasi Tuna-Adab).

Ada kekhawatiran (berupa hipotesis) bahwa Indonesia menuju kolaps mendapatkan pembenarannya atau memang bisa saja Indonesia bubar (seperti Bangsa Yugoslavia), tetapi tentunya Suku Bangsa Jawa, Batak, Toraja, Aceh, Minang, Bugis, Baduy, Menado, Dayak, Banjar, Madura, Ambon, Melayu, Bali, Sasak, Flores, Nias, Mentawai, Sunda, Palembang, Papua dan suku lainnya tidak/belum akan bubar.

Solusi Strategisnya tak ada jalan lain, kecuali membangun kembali bangsa Indonesia ini agar berkelanjutan berkemajuan. Ini haruslah melalui Strategi Kebudayaan Suku-Suku Nusantara dengan berpedoman dasar pada Ideologi Negara, PANCASILA sebagai milik bersama.

Catatan: paham radikal apapun dan dari manapun tak akan mampu mengalahkan Strategi Kebudayaan Nusantara berbasis Pancasila ini.

Penulis: Sabar Mangadu Tambunan (Gerakan Kebajikan Pancasila)

BACA:  Emil Salim: T.B. Simatupang, Sosok Cerdas, Pejuang yang Teguh, dan Berintegritas

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *