Warga RT 01/RW 05 Meminta Maaf Kepada Ketua RT Luhut Nainggolan

PROJUSTISIANEWS.ID, KANDIS — Pemberitaan PROJUSTISIANEWS pada 2 Juli 2020 lalu, Ketua RT 01/Rw05, Luhut Nainggolan, melaporkan warganya berinisial HS ke pihak Polsek Kandis dengan pasal berlapis. HS dilaporkan dengan Pasal 160 KUHPidana atau perbuatan tidak menyenangkan dan pasal 310 KUHPidana atau pencemaran nama baik dengan ancaman hukuman satu tahun hingga dua tahun. Kasus tersebut akhirnya berujung damai pada Selasa (14/7/2020).

BACA:  Ketua RT Laporkan Warganya ke Polisi dengan Tuduhan Pasal Berlapis

Polsek Kandis melalui Kanit IPTU Paisal, S.H., memberikan apresiasi dan ruang serta waktu dalam melakukan mediasi di antara pelapor dan terlapor. Luhut Nainggolan memberikan kata maaf kepada HS selaku terlapor. Dengan penuh kesabaran IPTU Paisal, S.H. memberikan edukasi, pandangan tentang hubungan RT dengan warganya yang seharusnya bisa sejalan dalam menyelesaikan masalah di lingkungan RT 01/RW 05.

“Kalau kita artikan, RT adalah Rukun Tetangga. Bila ada perselisihan di antara warga, maka yang maju dalam menyelesaikan masalah adalah Ketua RT melalui musyawarah untuk mencapai mufakat. Kalau saya sebagai polisi penegak hukum, saya selalu siap menerima setiap aduan masyarakat dan saya akan melakukan tindakan yang sesuai dengan KUHPidana yang berlaku serta menjalankan KUHAP yang mengatur bagaimana beracara. Namun karena ini sifatnya Aduan Masyarakat (DUMAS), alangkah baiknya ditempuh bermusyawarah melalui Kepala Kampung Libo Jaya dan disaksikan oleh BABINKABTIPMAS dan BABINSA. Kalau memang persoalan ini harus diproses, maka saya selaku KANITRES akan melakukan tugas saya dengan sebaik-baiknya,” cetus IPTU Paisal, S.H.

Dari hasil mediasi yang dilakukan Paisal membuahkan hasil kesepakatan perdamaian bersama dengan membuat surat perdamaian dan membubuhkan tanda tangan serta disaksikan beberapa warga Kampung Libo Jaya di ruangan IPTU Paisal , S.H.

Akibat adanya kata kesepakatan perdamaian yang telah digagas tersebut, maka pihak Kepala Kampung Plt. Tengku Zulkifli serta utusan dari pihak Kecamatan Kandis, yaitu Nando Nainggolan, Sitompul sebagai mewakili camat Said irwan, SE, Pengetua Kampung , Pengetua Adat, dan Pengetua dari HKBP datang dalam menghadiri acara syukuran perdamaian antara Ketua RT dan warganya.

Dalam kata sambutan Kepala Kampung Libo Jaya menekankan agar pada saat ini hendaklah kita bersatu dalam menjaga ketertiban kampung kita ini, agar ke depan kita memberikan ide-ide yang cemerlang dalam membangun Kampung Libo Jaya ini lebih baik. “Saya selaku Plt. Kepala Kampung Libo Jaya ini akan selalu menerima aspirasi yang positif demi kemajuan kita bersama. Kita boleh berbeda, tetapi tujuan tetap satu, yaitu membangun dan membangun kampung kita ini supaya apa yang kita cita-citakan dan harapan pemerintah kita dapat terwujud demi keadilan sosial bagi kita bersama,” ujarnya.

Masyarakat yang hadir memberikan apresiasi kepada Kepala Kampung melalui pemuka agama dan pengetua adat yang siap mengayomi warganya. Kepala Kampung menyatakan bahwa ia siap terjun dalam menyelesikan konflik warganya sendiri.

Di akhir acara tersebut, pemuka agama menutup perdamaian tersebut dengan memanjatkan doa agar Luhut Nainggolan diberi kesehatan dan umur yang panjang karena dia memberikan ruang maaf kepada warganya yang telah menghinanya. Acara diakhiri dengan salaman bersama. (JT)

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *