Pertama Kalinya Jakarta Christmas Festival Diadakan untuk Merayakan Natal Sekaligus Berbagi Kasih

JAKARTA, PROJUSTISIANEWS.ID — Jakarta Chistmas (JC) Festival bakal meramaikan Perayaan Natal bersama warga DKI Jakarta dan sekitarnya (Bekasi, Bogor, Depok, dan Tangerang). “Ini penyelenggaraan pertama kalinya diadakan oleh Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia Wilayah (PGIW) DKI Jakarta bekerjasama dengan Bimas Kristen, Pemprov DKI Jakarta, dan Kantor Wilayah DKI Jakarta Kementerian Agama,” ujar Pdt Sheperd Supit. “Pelaksanaannya tanggal 11 Desember 2019. Kemarin kami (panitia) sudah menemui Gubernur DKI, Anis Baswedan. Semoga Pak Gubernur dapat hadir dalam acara JC Festival ini,” lanjut Supit dalam jumpa pers pada Rabu (4/12/2019) di Kantor Wilayah DKI Jakarta Kementerian Agama.

Selain Gubernur DKI Jakarta yang akan hadir, panitia juga mengatakan bahwa Menteri Sosial, Juliari P. Batubara dijadwalkan akan hadir. Pdt Yohanes Stefanus Tompudung sebagai Ketua Panitia mengatakan bahwa JC Festival ini merupakan Perayaan Natal Bersama di mana ada kebersamaan dan keberagaman, merayakan kasih Kristus dalam bentuk inklusif, tidak dalam bentuk yang sempit, tetapi pemahaman yang lebih luas.

Tema yang diangkat panitia adalah “LOVE JAKARTA.” Tema ini sekaligus merupakan slogan perdamaian bagi Kota Jakarta. Landasan alkitabiah dari tema ini didasarkan pada kelahiran Yesus Kristus ke dunia ini sebagai wujud kasih Allah akan dunia ini (Yoh. 3:16) dan anak-anak Tuhan di Kota Jakarta melalui semangat Natal ini ingin mewujudkan cinta terhadap Kota Jakarta yang menjadi tempat tinggalnya: cinta kotanya, cinta warganya, dan cinta pemerintahnya.

“Dalam JC Festival ini akan ada kegiatan sosial berupa pasar murah, pemeriksaan mata gratis, membagikan nasi bungkus kepada kaum marginal dan juga berbagai macam lomba termasuk lomba catur, paduan suara, peragaan busana Natal dan malamnya disambung dengan ibadah Natal, Nada dan Sabda, yang dikemas dalam bentuk Natal Nusantara dan Konser Lilin yang melambangkan perdamaian dan kerukunan bagi Kota Jakarta,” pungkas Tompudung.

Lapangan banteng yang menjadi tempat JC Festival ini akan dipenuhi warga Jakarta dan sekitarnya yang diperkirakan akan dipadati sekitar 10.000 orang. “Kami juga mengundang warga Papua langsung dari Manokwari yang bakal meramaikan Perayaan Natal dan Konser Lilin,” ungkap Tompudung.

Lisa Mulyati, Pembimas Kristen DKI Jakarta, mendukung dan mengapresiasi JC Festival ini. “Saya rasa Natal kali ini tidak hanya dirasakan sukacitanya oleh umat Kristiani saja, tetapi juga semua warga Jakarta. Makna perayaan Natal bisa juga dirasakan semua kalangan apalagi di acara ini mereka bisa membeli sembako murah,” ucap Lisa.

Acara bazaar pada JC Festival ini dipersembahkan kepada semua warga DKI Jakarta tanpa melihat latar belakang agamanya. Jadi bukan hanya umat Kristiani yang boleh membeli barang murah di bazaar ini, tetapi juga umat yang lain. Acara ini juga melibatkan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di DKI Jakarta. Tunggu apalagi, yuk mari ramaikan acara Jakarta Christmas Festival pada 11 Desember 2019 mulai pukul 09.00 WIB sampai 22.00 WIB di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Pewarta: Boy Tonggor Siahaam

BACA:  SBPP Kota Singkawang Soroti Buruh yang Dirumahkan Karena Terpapar Covid-19

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *