Pengurusan UPTD Kependudukan Kandis Dikeluhkan Masyarakat

Pengurusan UPTD

KANDIS, PROJUSTISIANEWS.ID — Masyarakat mengeluhkan pengurusan UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) Kependudukan Kandis. Sejauh ini fungsi UPTD Kandis terbatas hanya bisa mengeluarkan akte kelahiran, kematian, penambahan anak, rekam KTP, dan cetak KTP. Kalau masyarakat ingin mengurus perpindahan dan perubahan data pada KTP-nya, mereka harus ke Dinas Kependudukan Kabupaten Siak. Seorang warga Desa Samsam mengeluhkan pengurusan ini kepada PROJUSTISIANEWS pada Kamis (5/8/2021).

Warga tersebut (yang namanya tidak mau disebut) mengeluhkan pengurusan perubahan data di KTP harus berangkat ke Dinas Kependudukan Kabupaten Siak. Sementara jarak tempuh dari Kandis ke Siak butuh waktu sekitar 5 jam dan menghabiskan biaya Rp700.000. Belum lagi pada saat ini masa pendemi Covid-19, perekonomian semakin menjepit. “Sementara itu, kita sebagai masyarakat sangat membutuhkan data kependudukan untuk memenuhi administrasi BPJS, urusan Bank, dan masalah gaji dari perkebunan. Pokoknya sangat rumit betul. Kalau sampai di sana belum tentu bisa siap satu hari. Kita bisa menunggu berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan,” ungkapnya.

Pengurusan UPTD Kependudukan Tidak Efektif dan Efisien

Dinas Kependudukan Kabupaten Siak seharusnya menugaskan kepada UPTD Kandis dalam pengurusan UPTD Kependudukan seperti ini. “Masak masalah pindah datang kita juga harus ke Dinas Kependudukan. Toh pindah datang sudah tercatat karena perubahan lokasi tempat tinggal untuk menetap dari tempat asal ke tempat tujuan. Koq masyarakat harus ke Dinas Kependudukan. Rasanya kinerja Dinas Kependudukan Kabupaten Siak hanya membuat beban kepada masyarakat Kandis saja,” geramnya.

Lebih lanjut warga tersebut mengatakan: “Coba kita lihat, jumlah kepala keluarga saat ini sudah mencapai 29.549 di Kecamatan Kandis. ini sudah barang tentu dalam kepengurusan berbagai data pasti terjadi setiap hari di UPTD Kependudukan. Akan tetapi, Dinas Kependudukan yang ada di Kabupaten Siak membatasi kinerjanya.”

Sebagaimana kita ketahui, jumlah desa/kelurahan yang ada di Kecamatan Kandis terdiri dari Desa Bekalar, Desa Belutu, Desa Jambi Makmur, Desa Kandis, Kelurahan Kandis Kota, Desa Libo Jaya, Desa Pencing Bekulo, Desa Samsam, Kelurahan Simpang Belutu, Desa Sungai Gondang dan kelurahan Telaga Samsam.

Pewarta: Jonsen Tampubolon

BACA:  KPK Pastikan Ada Keterkaitan Sekjen PDIP dengan Perkara Suap Komisioner KPU

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *