Pekanbaru Menyimpan Keindahan Wisata yang Patut Dikunjungi

PEKANBARU, PROJUSTISIANEWS.ID — Belum lengkap rasanya menjelajahi Pulau Sumatera tanpa mampir ke Pekanbaru. Ibukota sekaligus kota terbesar di Riau ini memang terkenal dengan cadangan minyak dan perkebunan kelapa sawitnya. Namun siapa sangka jika Pekanbaru punya banyak destinasi menarik yang asyik untuk dikunjungi, mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah dan budaya yang mempesona. Mau tahu di mana saja lokasinya? Baca terus sampai habis ya.

1. Menjelajahi Bukit Warna-warni, Rainbow Hills Rumbai

Image credit: @andrikilua

Sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Pekanbaru terdapat sebuah tempat wisata baru yang sedang hits dan keren habis. Namanya Rainbow Hills atau Bukit Pelangi. Tempat ini pertama kali diperkenalkan oleh blogger terkenal Marischka Prudence.

Image credit: @morialdi

Kata “Rainbow” diambil dari paduan warna unik bukitnya yang dari jauh tampak seperti pelangi. Lokasi bukit ini tidak jauh dari Danau Khayangan. Setiap waktu, kontur dan warna tanah di bukit ini bisa berubah-ubah lho. Namun, hati-hati jika berkunjung saat musim hujan ya karena kondisi tanah yang tidak stabil bisa  longsor.

2. Eksotisme Bukit Kapur Air Hitam

Image credit: @riskafaridatul

Bukit kapur selalu jadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah bukit kapur di area Air Hitam, Pekanbaru. Bukit kapur ini kini marak dikunjungi wisatawan, dan bahkan jadi tempat favorit untuk pengambilan foto pre-wedding. Bentuknya yang megah dengan warna putih bersih membuat berfoto di sini tampak seperti sedang di berada di luar negeri. 

3. Menikmati Syahdunya Danau Lembah Sari

Image credit: @anwiratmoko

Meski merupakan salah satu kota modern di Sumatera, namun keasrian dan kealamian kotanya masih terus dijaga. Salah satunya adalah dengan adanya danau buatan di tengah kota, yaitu Danau Lembah Sari. Suasana danau yang tenang, hijau, dan luas menjadi daya tarik utama banyaknya wisatawan yang berkunjung kemari. Apalagi saat senja. Pemandangannya sangat indah. Stres, penat dan lelah dijamin akan hilang deh!

 

Image credit: @arifin.rinto

Di sekitar area danau juga banyak warung-warung yang menyediakan kuliner khas Pekanbaru, seperti Sup Tunjang yang lezatnya akan membuatmu ketagihan. Jangan lewatkan untuk berfoto di jembatan gantung tua yang instaworthy banget.

4. Main Seru Sambil Foto-foto Di Taman Rekreasi Alam Mayang

Image credit: @werlinpratiwi

Nah, taman rekreasi yang satu ini bisa jadi merupakan tempat favorit warga Pekanbaru untuk berlibur. Dengan mengusung konsep rekreasi di alam terbuka, Taman Rekreasi Alam Mayang menyediakan aneka kegiatan luar ruangan yang asyik.

Image credit: @ayumiranda

Mulai dari banana boat hingga memancing bisa kamu lakukan di sini. Bahkan ikan tangkapan hasil memancing boleh kamu bawa pulang lho. Jangan lupa juga untuk berfoto di aneka spot yang instaworthy di area taman. Tidak akan rugi deh mampir kemari!

5. Bertandang Ke Desa Wisata Okura Yang Sejuk Dan Asri

Image credit: @nylsri

Sejak 2010, Desa Okura diresmikan menjadi desa wisata di Provinsi Riau. Suku asli Melayu-Riau masih tinggal di rumah-rumah panggung sepanjang Sungai Siak. Uniknya, kamu bisa menuju desa ini melalui jalan darat atau melalui jalur sungai dari Pelabuhan Sungai Duku.

Image credit: @tim.groups

Di sini kamu juga bisa menikmati suasana pedesaan yang asri dan jauh dari hiruk-pikuk kesibukan Kota Pekanbaru. Selain itu, kamu bisa melakukan aneka aktivitas seperti menyusuri sungai, melihat kehidupan suku asli Desa Okura, bersepeda di antara rimbunan pohon sagu hingga berkuda.

6. Napak Tilas Sejarah Melayu Di Bumi Riau, Istana Siak Sri Indrapura

Image credit: @karmasajiewangsa

Pekanbaru merupakan salah satu kota di Indonesia yang banyak memiliki rekam jejak budaya Melayu. Salah satunya dapat kamu lihat di Istana Siak Sri Indrapura. Istana Siak merupakan peninggalan Kesultanan Siak yang konon merupakan salah satu kesultanan kuat di Semenanjung Malaya.

Bukan hanya gaya arsitekturnya yang indah, di bagian dalam kamu bahkan masih bisa mengagumi benda-benda bersejarah peninggalan Kesultanan Siak. Salah satunya adalah alat musik tradisional bernama komet yang hanya ada dua saja di dunia lho.

7. Taj Mahal Di Pekanbaru, Masjid Agung An Nur

Image credit: @nofiarly

Kalau belum berkesempatan pergi ke India untuk melihat Taj Mahal, kamu bisa berkunjung ke Masjid Agung An Nur, Pekanbaru. Masjid ini diberi julukan sebagai Taj Mahalnya Riau karena keindahan masjidnya yang memukau.

Image credit: @rizkanovrihidayatii

Dari tampak depan, masjid ini memang menyerupai Taj Mahal dengan area kolam di halamannya. Masjid yang berdiri sejak tahun 1968 tidak boleh kamu lewatkan jika sedang berkunjung ke Pekanbaru.

8. Perpustakaan Futuristik, Perpustakaan Soeman H.S

Image credit: @mohammediqbalb

Perpustakaan mungkin selalu berkesan jadul dan kuno, namun tidak dengan perpustakaan Kota Pekanbaru ini. Kesan modern dan futuristik langsung terlihat dari desain bangunannya yang megah dan unik. Tidak hanya bisa membaca berbagai macam arsip sejarah dan aneka koleksi buku. Dari lantai atas kamu juga bisa memandang Kota Pekanbaru dari ketinggian lho. Wah, keren sekali ya!

9. Melihat Megahnya Rumah Adat Melayu-Riau, Anjungan Seni Idrus Tintin

Image credit: @argaaraya

Dengan gaya arsitektur Melayu-Riau, Anjungan Seni Idrus Tintin nampak mencolok di antara bangunan lain di sekitarnya. Meski hanya terdiri dari satu lantai, namun gedung ini masih sering dipakai untuk kegiatan seni berskala nasional dan bahkan internasional lho. Salah satunya adalah Vinculos Indonesia 2018 yang merupakan konser musik kerjasama Kedutaan Spanyol, Kementerian Pendidikan dan Budaya Indonesia serta Pemerintah Daerah Riau.

10. Berkenalan Dengan Bono Di Sungai Kampar

Image credit: @amellyoktavia28

Salah satu sungai besar di Provinsi Riau ini terkenal dengan ombak fenomenal yang dikenal dengan nama Bono. Bono bisa kamu temui di bagian Sungai yang dekat dengan muaranya. Peselancar terkenal Steve King bahkan pernah membuat rekor Guiness World Record di sini. Wow.

Image credit: @populer_riau

Waktu yang tepat jika ingin berselancar adalah pada saat musim penghujan yakni antara bulan November hingga Desember. Di luar bulan itu kamu bisa menikmati tenangnya aliran Sungai Kampar sambil berkayak dan menikmati hijaunya pemandangan alam sekitar.

11. Sejuknya Mandi Di Air Terjun Batu Dinding

Image credit: @aldodwidarma16

Kurang dari dua jam dari pusat Kota Pekanbaru, kamu bisa menikmati sejuknya aliran Air Terjun Batu Dinding. Meski tidak terlalu tinggi namun kolam air terjunnya sangat luas. Kamu bisa bebas berenang dengan aneka gaya sepuasnya. Untuk menuju ke sini pastikan membawa perlengkapan makanan yang cukup ya, karena lokasi air terjun ini berada di kawasan hutan larangan sehingga kamu tidak akan menemukan warung makanan di sekitar area air terjun.

12. Bermain Pasir Pantai Di Pinggir Sungai, Pantai Cinta, Teluk Jering

Image credit: @aiidilafitri

Teluk Jering sebenarnya merupakan nama sebuah desa di Kabupaten Kampar yang berjarak sejauh 45 menit dari pusat Kota Pekanbaru. Desa ini sangat menarik karena memiliki pasir sungai berwarna putih layaknya pasir di pantai.

Image credit: @putryarta_

Selain itu terdapat pula sebuah hamparan rumput hijau yang menyegarkan mata. Kamu bisa bersantai sambil bermain pasir di area bantaran sungai atau melakukan aneka aktivitas olahraga air yang tidak kalah serunya seperti banana boat.

13. Menengok Satu-Satunya Jejak Sejarah Budha Di Riau, Candi Muara Takus

Image credit: @tulang_dani

Meski lokasinya cukup jauh dari pusat Kota Pekanbaru, namun tidak sah rasanya pergi ke Riau tanpa mampir ke Candi Muara Takus. Candi ini merupakan situs candi Budha dan merupakan satu-satunya candi yang ada di Riau. Berbeda dengan candi di Pulau Jawa, candi ini dibuat dari batu pasir, batu sungai dan batu bata. Untuk kamu yang suka berburu foto, Candi Muara Takus bisa jadi tempat yang tepat untuk menyalurkan hobimu.

14. Asyiknya Bermain Air di Wisata Riau Fantasi

Image credit: @labersa_riaufantasi

Wisata Riau Fantasi merupakan gabungan dari Labersa Theme Park dan Labersa Water Park. Labersa Water Park sendiri merupakan taman bermain air terbesar di Sumatera. Terdapat lima kolam dengan tema dan kedalaman yang berbeda. Kamu bisa memacu adrenalin dengan menuruni papan luncur atau sekedar malas-malasan mengapung di atas kolam.

Image credit: @brosispku

Jika sedang tidak mood bermain air, kamu bisa seru-seruan bersama teman atau keluarga di Labersa Theme Park. Tersedia aneka permainan yang akan memacu degup jantungmu seperti Kora-Kora, Sky Tower, Wave Blaster, Speedy Coaster, dan Family Swinger. Seru sekali, kan?

15. Berburu Oleh-oleh dan Souvenir Khas Pekanbaru, Pasar Bawah

Image credit: @henry_rizal

Kalau bingung mencari oleh-oleh di Pekanbaru, datang saja ke Pasar Bawah. Pasar Bawah merupakan pasar tertua di Pekanbaru. Lokasinya berada tepat di sisi Sungai Siak dan pelabuhan.

Image credit: @mantazaka

Berbagai macam aksesoris dan pernak-pernik hingga camilan khas Pekanbaru bisa kamu temukan di sini. Tidak hanya itu, di sini kamu bahkan bisa menemukan aneka aksesoris oleh-oleh dari Singapura dan Malaysia lho.

16. Mengunjungi Belantara Hijau Pekanbaru, Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Syarif Kasim

Image credit: @teukuthariq

Di tengah teriknya mentari Kota Pekanbaru terdapat sebuah oase paru-paru kota berupa taman hutan yang sejuk. Lokasi persisnya berada sekitar 40 menit dari pusat Kota Pekanbaru. Tahura Sultan Syarif Kasim ini juga merupakan tempat pelatihan Gajah Sumatera. Di sini kamu bebas mengelilingi hutan dan melakukan beragam aktivitas seru di dalam hutan, seperti bersepeda hingga motocross.

17. Paru-Paru Kota Pekanbaru, Arboretum Universitas Riau

Image credit: @rusliyanaa

Bukan hanya Tahura, Pekanbaru juga punya kawasan taman hutan lain yang berada di Universitas Riau, yaitu Arboretum Universitas Riau. Meski pada awalnya kawasan hutan ini dikhususkan untuk tujuan penelitian, namun pada akhirnya dikembangkan menjadi tempat bersantai sekaligus edukasi untuk masyarakat sekitar. (tripzilla.id)

BACA:  HIPAKAD Dukung POLRI Ungkap Dalang Pembunahan Tokoh Nasional

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *