Pdt Haposan Sianturi Mengharapkan Perdamaian

JAKARTA, PROJUSTISIANEWS.ID — Pdt Haposan Sianturi dari HKBP Kayu Tinggi, Jakarta, mengharapkan perdamaian antara dirinya dan mereka yang melecehkan peribadahan saat Kebaktian Minggu (30/6/2019) lalu. Hal ini disampaikannya kepada Kabarsuka.com setelah panggilan kedua di Kepolisian Resort (Polres) Jatinegara, Jakarta Timur, pada Senin (29/7/2019).

Bersama Pdt Haposan Sianturi, Herzen Hutabarat dan Esron Siregar mendamping Pdt Haposan yang dipanggil pihak penyidik kepolisian untuk klarifikasi kesepakatan perdamaian sebagai tindak lanjut dari yang sudah disepakati bersama melalui mediasi oleh Praeses Distrik VIII Jakarta. “Pada saat klarifikasi kesepakatan perdamaian tersebut di Polres Jatinegara, hanya kami sebagai pelapor yang hadir, sedagkan pihak terlapor tidak hadir,” ungkap Pdt Haposan.

“Pihak penyidik sudah berupaya dan merencanakan pertemuan antara pihak yang melapor dan terlapor dalam waktu yang akan datang supaya kami melakukan kesepakatan perdamaian tersebut sebagai bukti kami menyelesaikannya dengan baik,” lanjut Pdt Haposan.

Herzen Hutabarat (kiri) dan Esron Siregar (kanan).

Herzen Hutabarat membenarkan apa yang disampaikan Pdt Haposan Sianturi kepada Kabarsuka.com. Ia menyatakan turut hadir mendampingi Pdt Haposan sebagai jemaat yang peduli kepada pendetanya yang teraniaya. Menurut Herzen, kesepakatan yang dilakukan tempo hari yang difasilitasi Disktrik VIII adalah kesepakatan tidak berpihak kepada kebenaran, hanya sepihak. “Kehadiran kami di sini untuk melengkapi dokumen yang kurang,” tandas Herzen Hutabarat.

Hal yang hampir sama juga disampaikan Esron Siregar. Siregar mengatakan bahwa mereka tidak ada mencabut laporan dan tetap hukum harus dijalankan. “Perdamaian dalam arti apa? Kalau memang masih terulang lagi buat apa ada perdamaian. Siapapun pendetanya yang datang ke gereja kita, saya rasa dia (atau mereka yang menganiaya Pdt Haposan – Red.) akan berbuat hal yang sama,” tegas Siregar.

Pewarta: Boy Tonggor Siahaan

BACA:  Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Silaturahmi bersama Masyarakat di Istana Negara

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *