Pasca Danau Toba Ditetapkan Sebagai Global Geopark, 3 Kapal Pesir Disiapkan

PROJUSTISIANEWS.ID, MEDAN — Pasca Danau Toba ditetapkan sebagai Global Geopark dari Unesco Global Geopark (UGG), General Manajer (GM) Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba (BPGKT) Hidayati menyampaikan bahwa di Danau Toba sedang dipersiapkan 3 kapal pesiar untuk meningkatkan performa kepariwisataan, khususnya wisata bahari. Demikian disampaikan Hidayati pada Kamis (9/7/2020) di Medan.

“Ini untuk menambah daya tarik wisatawan dan menjaga pengakuan dunia bahwa Danau Toba sebagai salah satu Global Geopark,” lanjut Hidayati.

Hidayati memiliki gagasan mengajak para pelancong asing maupun lokal mengenal situs dinding kaldera yang dikemas dalam satu story telling. Ini memiliki daya tarik tersendiri. Selama di kapal pesiar, mereka tidak sekadar melihat keindahan Danau Toba, tetapi juga mereka mengetahui kisah Danau Toba dalam story telling.

“Di kapal pesiar itu nanti membahas, bercerita tentang kearifan lokal, kebudayaan, dinding kaldera yang punya situs tersendiri, ini akan lebih menarik,” ungkapnya.

Untuk pengadaan kapal pesiar, ujar Hidayati, pihaknya sudah mengusulkan ke Badan Penyelenggara Otorita Danau Toba (BPODT) bahkan ke Pemerintah Provinsi Sumut.

“Keinginan kami ada tiga kapal pesiar yang membawa wisatawan dari Taput, Tongging dan Parapat serta Samosir. Feedback dari kegiatan ini akan mendatangkan pendapatan asli daerah dan menyejahterakan masyarakat. Teknis dan regulasinya nanti akan dibahas bersama,” tutupnya. (BTS)

BACA:  Kalahkan Paris, Bali Peringkat 1 Destinasi Wisata Terbaik Dunia

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *