Masalah Banjir di Bengkong Indah Swadebi dari Hulu ke Hilir

Projustisianews, Batam – DPRD Kota Batam akan meninjau pemukiman warga Bengkong Indah Swadebi. Camat Bengkong, Fairus, membenarkan rencana kedatangan DPRD Kota Batam, Badan Pengusahaan (BP) Batam, dan pemerintah Kota Batam ke wilayah administratifnya itu. Kepada Projustisia News, Fairus mengatakan, institusi-institusi tersebut akan melihat langsung lokasi yang menjadi masalah dan pembahasan pada dengar pendapat (DPU) umum gabungan yang dilaksanakan di ruang rapat pimpinan DPRD Kota Batam, Jumat, 23 Oktober 2020.

Fairus mengatakan: “Hasil pembahasan kita itu kemarin, harus ditinjau lapangan.” Pemko Batam, dalam hal ini Dinas Bina Marga akan melakukan pengecekan. Masalah banjir yang dipermasalahkan warga RW 02, Kelurahan Sadai, Fairuz mengatakan hal itu tidak terjadi di satu titik saja. Banjir, kata Fairuz, dari hulu ke hilir, di mana semuanya itu saling berkaitan, Sabtu, 24 Oktober 2020.

Suasana dengar pendapat umum gabungan di DPRD Kota Batam, atas permasalahan banjir di permukiman warga Bengkong Indah Swadebi Rw 02 Kelurahan Sadai, Kecamatan Bengkong. (Foto: dok Humas DPRD)

Pada peninjauan nanti, BP Batam juga akan melakukan pengecekan data lokasi lahan di atas fasilitas umum (fasum) serta memastikan keaslian Site Plan (tata letak sesuai dengan gambar yang telah disahkan). Bilamana fasum dipergunakan untuk kepentingan pribadi, maka harus dibongkar, karena telah melanggar ketentuan perundang-undangan yang berlaku. “Satu hal dengan yang lainnya, maka ya, masalah warga,” kata Fairus.

Nuryanto, Ketua DPRD Kota Batam, mengatakan kepada instansi terkait untuk memastikan kondisi parit dari hulu ke hilir harus sesuai dengan right of way (Row) saluran. Selain itu, kepada Fairuz, dia berpesan agar Tan Tajuddin, selaku pemilik lahan bisa hadir di lokasi pasca peninjauan nanti. Turut hadir dalam dengar pendapat gabungan, Direktur Pengelolaan Lahan BP Batam, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Alam Kota Batam, Lurah Sadai dan beberapa warga perwakilan dari Bengkong Indah Swadebi.

(Nilawaty Manalu)

 

BACA:  Lagi, Program Acara Ahok di Teve Gagal Tayang?

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *