Koperasi Binari Didirikan untuk Mengobati Sakit Perekonomian Masyarakat Siantar

PROJUSTISIANEWS.ID, SIMALUNGUN — Satu lagi hadir satu koperasi bernama Koperasi Bina Rakyat Indonesia (Binari). “Koperasi ini didirikan untuk mengobati sakit perekonomian masyarakat Siantar,” ujar Pengawas Koperasi Binari Sarti Manik, SH, pada peresmiannya Sabtu (8/8/2020) di Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Dengan adanya koperasi Binari yang hadir di wilayah Dolok Marlawan Kecamatan Siantar, ini setidaknya dapat membantu permodalan usaha kepada masyarakat, khususnya para wirausahawan UKM. Sarti Manik berharap kepada masyarakat luas agar sekiranya setelah menerima modal yang diberikan koperasi Binari, masyarakat dapat sembuh dari sakit ekonomi yang terpuruk. Bukan malah sebaliknya, masyarakat menjadi amnesia (lupa ingatan) saat melakukan pengembalian modal yang diberikan oleh Binari.

Peresmian kantor Koperasi Binari ini ditandai dengan penguntingan pita oleh Ketua Koperasi Sarma Nainggolan, SP, didampingi oleh Sekretaris Dinas Koperasi Simalungun – Ronal Siharmada Banjarnahor, S. Sos, MSi., Pdt. SM Manurung, STh dan para toko masyarakat/agama. Penguntingan pita dipandu oleh Pdt SM. Manurung dan disaksikan Pengawas Binari Sarti Manik, SH, Sekretaris Dinas Koperasi Kabupaten Simalungun Ronal Siharmada Banjarnahor, S. Sos, MSi. dan Gamot Nagori Dolok Marlawan, Mariani Susanti Siallagan.

Sarma Suryawaty Nainggolan, SP selaku Ketua Koperasi Binari mengatakan bahwa Koperasi Binari adalah suatu koperasi yang langsung berhubungan kepada masyarakat dalam memberikan bantuan modal usaha agar para wirausahawan UKM dapat terbantu dalam menjalankan usaha yang dimiliki para nasabah. Koperasi Binari memberikan suku bunga yang rendah. Hal ini dilakukan agar para wirausaha UKM tidak terbebani dalam sistim pengembalian modal.

Koperasi Binari hingga saat ini sudah memiliki empat kantor cabang di Kabupaten Simalungun, yaitu di Kecamatan Tanah Jawa, Huta Bayu Raja, Dolok Batu Nanggar (Serbelawan), dan Bandar (Perdagangan) dan Dolok Marlawan (Kecamatan Siantar). Dengan jumlah nasabah aktif sampai saat ini sudah mencapai 2.000 orang nasabah. Dengan dibukanya kantor cabang di Dolok Marlawan dan bekerjasama dengan pemerintah ini, Koperasi Binari bertujuan untuk lebih memperluas jaringan nasabah dalam memberikan permodalan.

Koperasi Binari bukan saja memberikan modal kepada para wirausahawan UKM, tetapi kepada para petani. Sistem pengembaliannya berbeda untuk para petani karena petani tidak setiap harinya memiliki penghasilan dengan putaran usaha. Khusus kepada para petani sistem pengembaliannya dengan jangka waktu di saat masa panen. Itulah sistem dan cara Koperasi Binari saat memberikan permodalan kepada para nasabah yang berbeda-beda dalam hal usahanya, ujar Sarma. (RICARDO)

BACA:  15 Tahun Jadi Anggota DPR RI, Maruarar Sirait Temukan Pancasila di Dapil SMS

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *