Konsolidasi Organisasi, Pemuda Katolik Jawa Barat Gelar Silaturahmi Ke Keuskupan Bandung

BANDUNG, PROJUSTISIANEWS.ID — Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah Provinsi Jawa Barat, Edi Silaban menggelar pertemuan dengan R.D. Yustinus Hilman Pujiatmoko yang duduk sebagai Vikjen Keuskupan Bandung hari ini, Sabtu (5/10/2019).

Pertemuan yang dilaksanakan di Ruang St. Yusuf, Bumi Silih Asih, Bandung, Jawa Barat ini dalam rangka konsolidasi organisasi. Perjumpaaan keduanya dinilai sebagai simbol konsolidasi organisasi Pemuda Katolik dengan gereja dalam rangka membangun sinergitas dengan hirarki di wilayah Jawa Barat.

Edi Silaban mengatakan pentingnya pertemuan yang terjadi pada Sabtu itu tampak hangat dalam suasana kekeluargaan. Ia menyebut, pertemuan yang bertempat di kompleks keuskupan itu memiliki simbol tersendiri dalam konteks silaturahim organisasi.

“Silaturahmi ini menjadi tonggak awal Pemuda Katolik menghidupi kembali sinergitas dengan Keuskupan Bandung untuk kepentingan yang lebih besar, yaitu kepentingan Pemuda Katolik di Jawa Barat” ucapnya.

“Pemuda Katolik hadir di Jabar merupakan bagian dari masyarakat Jawa Barat itu sendiri, maka dalam konteks menghidupkan agenda demokrasi pentingnya partisipasi umat dalam merawat kehidupan berbangsa dan bernegara, membangun nilai-nilai toleransi dan melawan radikalisme” tambahnya.

Selanjutnya, langkah melakukan kaderisasi dan pembentukan struktur di seluruh kab/kota prioritas internal yang melibatkan seluruh kerjasama dan sinergi yang melibatkan hirarki, tokoh muda, dan tokoh umat yang ada di seluruh kab/kota di Jawa Barat.

Dalam pertemuan Vikjen Bandung yang akrab disebut Romo Hilman berpesan kepada seluruh kader Pemuda Katolik “Saya sangat senang bisa bertemu dengan spirit dalam pelayanan. Semoga dengan hidupnya kembali Pemuda Katolik di Jawa Barat dapat dikembangkan. Sekurang-kurangnya dapat dibentuk kota/kabupaten mencakup Keuskupan Bandung. Tidak ada istilah terlambat, mari berjuang bersama membangun gereja” ucapnya.

Ke depan Romo Hilman berharap nilai-nilai yang diperjuangkan bersama ormas Katolik dapat terwujud dan mengajak agar taat pada hasil keputusan Muskomda yang disepakati. “Mari mulai dengan tekad yang bagus” tambahnya.

Turut mendampingi dalam pertemuan, yaitu Pengurus Pusat (PP) Pemuda Katolik Wakil Sekretaris Bidang Organisasi, Asta Ivo Sembiring menyampaikan “Terdapat mandat muskomda yang dihasilkan, ke depan Pemuda Katolik masih dalam tahap konsolidasi formatur dalam melengkapi struktur kepengurusan di Wilayah Jawa Barat untuk mempersiapkan pelantikan” tandasnya.

Di akhir pertemuan, melalui Pengurus Pusat (PP) Pemuda Katolik Wakil Sekretaris Bidang Organisasi menyerahkan berkas hasil Kongres 2018 dan Rakernas 2019 sebagai simbol permintaan perhatian, sapaan, masukan dan kritik di setiap langkah organisasi Pemuda Katolik ke depan. (BIS)

BACA:  AMPP Mengecam Keras Aksi Intoleransi Beragama di Tengah Pandemi Covid-19

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *