Kisruh HKBP Kayu Tinggi Sampai Koyak Jubah Pendeta Saat Naik Mimbar

JAKARTA, PROJUSTISIANEWS.ID — Kisruh di tubuh HKBP (Huria Kristen Batak Protestan) Kayu Tinggi, Jakarta Timur makin memanas, puncaknya pada saat kebaktian Minggu (30/6/2019) berlangsung pagi hari. Kebaktian yang dipimpin Pdt Haposan Sianturi menjadi ricuh ketika majelis jemaat atau penatua (sintua) menginterupsi pendeta saat hendak naik ke mimbar untuk berkhotbah.

Kisruh ini dipicu akibat mosi tidak percaya antara sebagian jemaat dan para sintua terhadap pendeta yang bertugas yakni Pdt Haposan Sianturi.

Salah satu penyebabnya menyangkut keuangan gereja. Mereka menduga manipulasi laporan keuangan dan penyelewengan dana hingga berjumlah ratusan juta seperti yang tertera pada surat dari Distrik (Tim Praeses HKBP).

Peristiwa kemarahan sebagian jemaat memuncak yang mana sesaat Pdt Haposan Sianturi akan berkhotbah dengan berjalan naik ke atas podium atau mimbar dan pada saat bersamaan salah seorang sintua juga naik ke podium. Mereka berdua bersama-sama tiba di mimbar hingga terlibat saling dorong lalu beberapa warga jemaat pun kisruh, bubar, panik, dan sebagian menghampiri mimbar. Ada yang mendorong pendeta dan bahkan ada yang menarik- narik jubah kependetaan hingga sobek. Ahirnya pendeta pun turun dan diamankan (dievakuasi) keluar dari gedung gereja. (oborkeadilan.com)

BACA:  Alumni 93 SMP Negeri 3 Kota Pematangsiantar Bantu Anak-anak Panti

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *