Kiprah Siska Adelia di KNPI Sebagai Srikandi dalam Ketahanan Nasional

JAKARTA, PROJUSTISIANEWS.ID — Sungguh tepat Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) menunjuk Siska Adelia sebagai Ketua Departemen Ketahanan Nasional dan Kajian Strategis DPP KNPI. Siska adalah alumni Program Pendidikan Reguler (PPRA) Lemhannas RI angkatan 54 Tahun 2016. Dia telah dididik selama 7 bulan dan belajar tentang Ketahanan Nasional. Wajar saja Sika menjadi Srikandi Indonesia dalam Ketahanan Nasional.

Siska juga aktif di FKPPI dan lagi-lagi fokus perhatiannya pada Ketahanan Nasional. Sosok Siska banyak dikenal oleh para perwira TNI dan POLRI melalui persahabatan di Lemhannas dan di FKPPI. Memang tepat ke depannya, Siska memberikan sumbangan pemikiran bagi KNPI, khususnya dalam Ketahanan Nasional.

Kehadiran dan keberadaan KNPI sebagai komunitas anak bangsa sekaligus sebagai generasi penerus harus dapat memberi warna dalam dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara. KNPI juga harus dapat memberikan nilai tambah dalam aspek peningkatkan wawasan, mental ideologi, nilai-nilai etis, moral, dan spiritual pemuda yang dapat membentuk sikap dan pemikiran serta kemampuan dan ketrampilan untuk memungkinkan pemuda mengaktualisasikan dirinya dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Karena itu, untuk mengaktualisasikan  program-programnya, KNPI harus menjalin kemitraan strategis dengan beberapa pihak terkait terutama kepada aparatur pemerintah, sehingga apa yang menjadi harapan, tujuan, dan cita-cita KNPI dalam rangka pengembangan dan pemberdayaan masyarakat khususnya pemuda dapat terwujud.

KNPI adalah wadah perhimpunan terbesar, majemuk, dan terluas yang dimiliki oleh kaum muda Indonesia. Organisasi yang berdiri sejak 23 Juli 1973 ini telah menjadi tempat berhimpunnya organisasi dari beragam haluan latar, keagamaan, maupun politik. Coba saja kita bayangkan, berdasarkan kongres XIV KNPI di Papua, ada sedikitnya 154 organisasi kemasyarakatan pemuda yang terhimpun di dalam KNPI. Bentuk Sinergitas yang dilakukan oleh KNPI Pusat dari struktur organisasinya di mana pada 29 Juni 2019 lalu, KNPI telah melantik Departemen yang ada, dan salah satu departemen itu adalah Departemen Ketahanan Nasional dan kajian Strategis. Siska sebagai Ketua Departemen tersebut memiliki tugas yang tidak mudah dan banyak tantangan yang dihadapi perempuan yang cantik ini.

Penulis: Sapta Baralaska Siagian

BACA:  Presiden Jokowi Ucapkan Selamat Natal kepada Umat Kristiani Indonesia

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *