Ketua RT Laporkan Warganya ke Polisi dengan Tuduhan Pasal Berlapis

KANDIS, PROJUSTISIANEWS.ID — Luhut Nainggolan selaku Ketua RT 01/05 Kampung Libo Jaya pada Kamis (2/7/2020) melaporkan ke Polisi salah satu warganya berinsial HS. HS dilaporkan atas tuduhan dengan pasal berlapis, yakni Pasal 160 KUHP atau penghasutan, 335 KUHP atau perbuatan tidak menyenangkan, dan 310 KUHP atau pencemaran nama baik dengan ancaman hukuman 1 hingga 2 tahun.

Kepada PROJUSTISIANEWS, Luhut menceritakan bahwa ia diperlakukan secara tidak senonoh oleh HS. HS telah menyebarkan berita bohong (hoax). Kabar hoax yang disebarkan HS kepada warga sekitar menuduh bahwa Ketua RT tersebut telah melakukan perbuatan tidak terpuji seperti mengintip kamar mandi, berburu ternak babi warga, melakukan pemotongan dari bantuan yang diberikan pemerintah dan tuduhan-tuduhan lainnya yang tidak mendasar.

Luhut mengatakan, “Mediasi dengan Kepala Penghulu, Bhabinkamtibmas dan Babinsa, bahkan bersama dengan Camat Kandis sudah kita lakukan sebelumnya, tetapi hingga saat ini perlakuan yang saya rasakan dari HS masih berimbas dalam kehidupan sehari-hari saya. Saya ini adalah Ketua RT dan juga Sintua (anggota Majelis Gereja) salah satu gereja dalam wilayah kami.”

“Saya juga tidak mengetahui apa sebab dan bagaimana sebenarnya yang terjadi. Satu hal yang saya ketahui, HS mengunjungi warga dari pintu ke pintu meminta tanda tangan mereka di secarik kertas tanpa disertai maksud dan tujuan pembubuhan tanda tangan itu sendiri,” sambung Luhut.

Karena itu, Luhut menempuh upaya hukum demi memulihkan nama baiknya di lingkungan masyarakat Libo Jaya. Ia melaporkan HS kepada polisi yang langsung diterima oleh Kanitreskrim Polsek Kandis, IPTU Faisal.

IPTU Faisal menerima laporan Luhut dan menyatakan akan segera menyikapi hal tersebut. “Pastinya akan kita sikapi dengan langkah awal mengundang Camat Kandis, Penghulu Kampung Libo Jaya, dan juga HS untuk dimintai penjelasan. Karena dari lampiran laporan Ketua RT, tuduhan yang disangkakan sama sekali tidak mendasar,” ujar IPTU Faisal.

Untuk diketahui, masa jabatan Ketua RT 01/05, atas nama Luhut Nainggolan seharusnya berakhir pada 5 bulan ke depan. Namun, atas pelaporan warga yang diduga dimotori oleh HS, pemilihan Ketua RT 01 RW 05 tetap dilakukan pada 30 Juni 2020, walaupun sebelumnya Camat Kandis sudah mengisyaratkan pada Penghulu untuk tidak mengadakan pemilihan Ketua RT. (Gordon Tampubolon)

BACA:  Eks Dirut Pertamina Karen Agustiawan Divonis 8 Tahun Penjara

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *