Keterlambatan Pembayaran Dana Talangan

KETAPANG, PROJUSTISIANEWS.ID — Syukandi sebagai Ketua Koperasi Kayong Raya meminta agar rapat akhir tahun anggota koperasi segera dilaksanakan terkait masalah keterlambatan dana talangan yang sudah 4 bulan belum dibayarkan perusahaan. Hal ini disampaikan dalam koordinasi Koperasi Kayong Raya dan PT Arrtu Borneo Perkebunan Siantau Estate (PT Arrtu) pada Jumat (19/7/2019) di kantor PT. Arrtu, Kecamatan Nanga Tayap, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

Menurut Syukandi, apabila dalam tiga tahun tidak melakukan rapat akhir tahun maka sesuai ketentuan UU Koperasi, Koperasi Kayong Raya akan dicabut atau dibekukan pemerintah.

Mengenai dana talangan tersebut, Ketua Koperasi tersebut meminta agar kebun milik koperasi dibagikan per anggota. Biarlah anggota sendiri yang mengelola masing-masing dan hutang koperasi berapa pun itu dipotong dari hasil kebun.

Tanggapan dari Manajemen

Jumadi selaku pihak perusahaan mengatakan bahwa mereka selalu menyampaikan ke manajemen pusat, tetapi tanggapan dari manajemen pusat perusahaan lagi kesulitan dana. Sementara tanggapan dari Rangga selaku manager plasma terkait masalah rapat akhir tahun menyatakan bahwa kita tinggal sepakati kapan waktunya.

Namun terkait dana talangan, Rangga meminta kepada Pengurus Koperasi agar memberikannya waktu untuk mengejar dana talangan itu. “Tanggung jawab saya sebagai penanggung jawab,” ujar manager plasma tersebut.

Sebaliknya Yosep Bucuk dari Pengawas Koperasi Kayong Raya meminta kepada manajemen PT. Arrtu dengan mengatakan jangan gara-gara keterlambatan pembayaran dana talangan, anggota koperasi panen massal atau mengambil alih lahan koperasi.

Dalam pertemuan tersebut yang hadir dari Pengurus Koprasi Kayong Raya adalah Syukandi (Ketua), Amad (Seketaris), Alian (Pengawas), Yosep Bucuk (Pengawas), Kidong, Lukman, Sultana, Samsir, dan Dimarto.

Sedangkan dari pimpinan manajemen PT . Arrtu Borneo Perkebunan Siantau Estate adalah Ragga (Penanggung Jawab Manager Plasma), Jumadi (Manager Perkebunan), dan Yuda (Asisten Plasma)

Pewarta: Muhammad Efendi

BACA:  Bahas Situasi Bangsa, Presiden Jokowi Berdialog dengan Tokoh Lintas Agama

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *