Kemenko Marves Bergerak Cepat Meninjau Langsung Penataan Candi Borobudur

YOGYAKARTA, PROJUSTISIANEWS.ID — Maritim dan Investasi- Magelang, Sejak ditetapkan sebagai salah satu dari lima destinasi super prioritas, Candi Borobudur yang merupakan candi Budha terbesar sedunia, terus diupayakan untuk lebih cantik dan tertata dengan baik.

Sehubungan dengan hal itu, Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi bergerak cepat dan turun langsung untuk melakukan monitoring dan evaluasi terkait pembangunan gerbang-gerbang baru, serta penataan lapangan parkir dan juga para pedagang yang mencari nafkah di destinasi pariwisata favorit tersebut.

“Ini berangkat dari arahan Presiden pada saat Ratas Agustus lalu, ratas tersebut secara khusus membahas percepatan pengembangan destinasi wisata Candi Borobudur,” ujar Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur Kemenko Marves, Ridwan Djamaludin di Magelang-Jawa Tengah, Jumat (20-12-2019).

Deputi Ridwan menambahkan, amanah Presiden Jokowi juga ingin agar tata ruang, tata kelola dan segala hal termasuk manajemen dapat segera dibenahi.

“Target besar yang diamanahkan Presiden kepada Kementerian terkait destinasi super prioritas terbilang besar, mengingat di tahun 2020 seluruh infrastruktur pariwisata di lima destinasi super prioritas, termasuk Candi Borobudur harus selesai,” jelasnya.

Adapun, pembangunan gerbang-gerbang di kawasan Candi Borobudur, saat ini sedang proses lelang. Dan untuk konstruksi awal akan dimulai pada bulan Maret 2020, serta ditargetkan selesai pada bulan Desember 2020. Gerbang-gerbang tersebut adalah Gerbang Palbapang, Gerbang Blondo, Gerbang Kembanglimus, dan Gerbang Klangon, serta lokasi Lapangan Kujon Borobudur.

Pengembangan destinasi wisata ini terus dipercepat oleh pemerintah, dikarenakan sektor pariwisata bisa menjadi motor peningkatan devisa di tengah gejolak ekonomi global.

Sektor pariwisata juga menciptakan efek berganda, serta mendorong laju pertumbuhan ekonomi baik nasional maupun daerah.

Biro Perencanaan dan Informasi
Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi

BACA:  Mari Berhikmat untuk Persatuan Indonesia

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *