Kebakaran Pabrik Plastik di Kosambi Tak Kunjung Padam, Warga Kecam Izin Pendirian Pabrik

BANTEN, PROJUSTISIANEWS.ID — Kebakaran terjadi di pabrik plastik yang ada di wilayah Salembaran Jaya, Kecamatan Kosambi Kabupaten Tangerang sekitar pukul 22.00 WIB, Jumat (25/10/2019) malam. Sudah hampir 5 jam api tak kunjung padam.

Ketua DPD Badan Pengawas Lembaga Keuangan Aparatur Sipil Negara (BPLK-ASN) Banten, Robet Arafat Nainggolan mengatakan bahwa petugas pemadam kebakaran (Damkar) baru tiba di lokasi setengah jam saat kebakaran terjadi.

“Untungnya keadaan angin tidak begitu kencang, sehingga api tidak merembet ke kawasan pemukiman atau rumah para penduduk yang ada di wilayah pabrik tersebut,” kata Robet di Kosambi, Kabupaten Tangerang, Sabtu (26/10/2019) dini hari.

Robet yang merupakan warga Kosambi itu juga belum mengetahui penyebab pasti kebakaran. Namun, ia mengaku bahwa pemilik maupun karyawan pabrik tidak berada di lokasi kejadian saat si jago merah menghanguskan bangunan.

“Sampai sekarang api masih belum dapat dipadamkan oleh pihak Damkar,” ujarnya.

Robet pun mengecam Pemerintah Kabupaten Tangerang lantaran memberikan izin pendirian pabrik di tengah pemukiman warga. Sebab, lanjut dia, kebakaran di daerah Kosambi selalu disebabkan oleh Pabrik-pabrik yang membuat masyarakat sekitar menjadi resah.

“Kami BPLK-ASN Banten menganggap birokrasi Banten harus membenahi diri, terkait penataan ruang tata letak wilayah di Tangerang. Dan terlebih Lurah Salembaran Jaya serta Bupati Tangerang yang harus mengambil sikap tegas atas izin perusahaan yang semakin hari semakin marak,” tegas Robet.

Alumni Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia itu menyebutkan, birokrasi pemerintah yang sekarang hanya memikirkan kepentingan perusahaan, yang tidak memperdulikan keinginan masyarakat yang berada di sekitar pabrik-pabrik.

“Birokrasi yang hari ini hanya memikirkan kepentingan pribadi dari perusahaan, masyarakat tidak dapat berbuat apa-apa, kecuali berdiam dan terus berdiam diri,” ujarnya.

“Semakin bertambah jumlah penduduk, jajaran kelurahan semakin membiarkan para pengusaha membangun perusahaan di tengah-tengah pemukiman,” tambah Robet. (akurat.co)

BACA:  Pentingnya Lakukan Pemeriksaan Otak Demi Deteksi Dini Stroke

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *