Haidar Alwi Sampaikan Persahabatan Toleransi Antarumat Beragama di Sebuah Gereja

JAKARTA, PROJUSTISIANEWS.ID — Di tengah perbincangan yang sedang hangat tentang isu diperbolehkan atau tidaknya mengucapkan Selamat Natal bagi kalangan Muslim kepada kalangan Kristiani, baik itu dalam bentuk kemasan Roti ataupun dekorasi Mall dengan Tema Natal. Perdebatan ini berlanjut terus baik itu di media sosial maupun di media massa. Hal ini merupakan bentuk wacana-wacana yang Kontra Produktif bahkan Kontra terhadap Toleransi antarumat beragama. Dalam kondisi yang memprihantinkan seperti ini, sebagai Bangsa yang menganut Lambang Negara Pancasila, dengan semboyan persatuannya Bhinneka Tunggal Ika, IR. R. HAIDAR ALWI melakukan kunjungannya ke sebuah Gereja yang bertempat di Jl. Kramat V. No. 15 Jakarta Pusat. Beberapa menit setelah Ibadah dimulai dengan pujian pembukaan, Haidar Alwi memasuki ruang Ibadah bersama rombongannya dan menempati Kursi paling depan dan terlihat khusuk mendengarkan prosesi ibadah yang sedang berlangsung.

Setibanya di Termin Kesaksian, sebuah jeda waktu untuk para Jemaat Gereja menyampaikan kata-kata motivasi dan kebaikan dalam bentuk Kesaksian berdasarkan pengalaman dan doa, Pemimpin Pujian Ibadah, Thelda Sigarlaki Dumais, mempersilahkan Bapak Haidar Alwi untuk maju memperkenalkan diri dan menyampaikan pesan-pesan kebaikan untuk menguatkan para Jemaat Gereja yang hadir.

Ketika Haidar Alwi hendak maju, Pendeta Gembala Sidang Gereja, Pdt. Elia, justru mempersilahkan Haidar Alwi untuk menaiki Mimbar Ibadah untuk menyampaikan pesan-pesannya. Haidar Alwi pun membuka pembicaraannya dengan menyampaikan salam khas dari Umat Kristiani: “Syaloom!!!”

Beliau bersemangat sekali menyampaikan pentingnya berkasih sayang antarumat beragama, hingga mengajak seluruh jemaat yang hadir untuk bersatu padu memerangi intoleransi, yang berpotensi membentuk radikalisme dan terorisme. Haidar mengatakan bahwa Tuhan itu Maha Pengasih dan Penyayang, jadi inti dari semua ajaran Agama adalah Kasih sayang kepada sesama umat manusia.

Seusai Haidar Alwi menyampaikan ceramahnya di Mimbar Gereja, masuk sesi Khotbah yang disampaikan oleh Pendeta Elia selaku Gembala Sidang Gereja Allah di Indonesia Jemaat Rajawali. Pendeta pun membuka Khotbahnya dengan mengucapkan Salam kepada Haidar Alwi: Assalam mualaikum. Suasana saat itu menjadi penuh kehangatan dengan nuansa persaudaraan antarumat beragama.

Kegiatan seperti ini bukan pertama kalinya dilakukan oleh Haidar Alwi, beliau memang sudah menargetkan untuk mengunjungi tempat-tempat ibadah di seluruh Nusantara, baik itu Gereja, Masjid, Pura, dan Wihara. Beberapa waktu lalu, belum lama ini Haidar Alwi mengunjungi salah satu Gereja dan Sekolah Teologi di Manado, yang bangunannya masih terbengkalai pengerjaannya. Saya rindu kita semua dapat bersatu dan mempraktekkan ajaran cinta kasih kepada sesama. Demikian pungkas Haidar Alwi saat menutup ceramahnya di Gereja Kristen di bilangan Jakarta Pusat itu. (Red.Rnld)

BACA:  Tak Ingin Perayaan, Presiden Jokowi Malah Dapat Kejutan Ulang Tahun

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *