Generasi Muda Batak Siap Rebut Kembali Ruang Publik Agar Bermartabat dan Inteletual

PROJUSTISIANEWS.ID, JAKARTA — Pergerakan dan perjuangan GMBB (Generasi Muda Batak Bersatu) didorong keinginan menjadikan Pemuda Batak Bermartabat dan Berintelektual. Karena itu, Kawula muda Batak ini sepakat dan membentuk Dewan Pendiri di mana di dalamnya terdapat pemuda Batak pelopor dan inspiratif, seperti Benhauser Manik, Mangatur Nainggolan, Ronny Simbolon, Oloan Nadeak, dan Salmon Nadapdap.Mereka membentuk Organisasi GMBB pada Sabtu (18/7/2020) di Graha Bethel, Jakarta Pusat.

Terkadang kesibukan kawula muda di zaman now ini menyita waktu mereka habis terbuang, sehingga hampir dapat dipastikan sulit bersosialisasi baik di keluarga maupun di masyarakat. Ini pun tidak terkecuali terimbas juga kepada kaum muda (naposo) Batak yang terdampak kemajuan digital. Padahal orang Batak terkenal dengan kekeluargaan dan kekerabatan yang erat dan kental, lebih komunal ketimbang personal.

Globalisasi dan kemajuan teknologi, khususnya digitalisasi nyaris menegasikan ruang publik yang sarat dengan bersosialisasi dan bermasyarakat. Teknologi informasi dan internet yang diusung digitalisasi mendorog lahirnya kemajuan media sosial. Media sosial telah “merampas” ruang publik kita yang tadinya nyata (real) menjadi maya (virtual). Bahkan ada yang memasukkan ruang privat ke ruang publik, sehingga makin membuat runyam ruang publik maya.

Inilah yang menimbulkan kesadaran para generasi muda Batak untuk berbuat sesuatu merebut kembali ruang pubik yang “terampas”. GMBB bakal menjadi ruang publik bagi generasi Batak berkumpul dan  berdiskusi sebagai wadah mempersatukan kelima etnik Batak, yaitu: Angkola, Karo, Pakpak/Mandailing, Simalungun, dan Toba.

Rencana ke depan, Dewan Pendiri tersebut akan merancang Visi dan Misi, membuat Program Kerja, menciptakan Logo berdasarkan nilai-nilai kebudayaan dan mengikuti falsafah Batak, yaitu: “Dalihan Natolu”. Pada Agustus 2020, GMBB akan mendeklarasikan kehadirannya kepada publik dan siap bermitra dengan organisasi-organisasi atau lembaga-lembaga lainnya.

Pembentukan GMBB dihadiri perwakilan wilayah dari Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Bekasi.

Pewarta: Boy Tonggor Siahaan

BACA:  William Aditya Sarana, Politisi PSI Pengungkap Anggaran Lem Aibon di RAPBD DKI

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *