Generasi Muda Batak Bentuk Organisasi Persatuan Batak Bersatu di Kabupaten Siak

MINAS, PROJUSTISIANEWS.ID — Dengan turunnya Mandat dari DPD dengan no. 005-SM/DPD.PBB.RIAU/VI20202, generasi muda Batak di Kabupaten Siak, Riau, membentuk Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PBB (Persatuan Batak Bersatu) pada Minggu (5/7/2020). Pembentukan DPC tersebut didasari dengan semangat kesukuan, persaudaraan, persatuan, dan kesatuan. DPD (Dewan Pimpinan Daerah) menunjuk Obrin Harianja, David Edison Aritonang, Erlison Siregar, Julita Ginting, dan Adi Natal Sinaga agar membentuk organisasi DPC PBB Kabupaten Siak untuk mempersatukan Batak Toba, Batak Karo, Batak Pakpak/Dairi, Batak Simalungun, dan Batak Mandailing. Ini menjadi wadah pemersatu etnis Batak yang ada di seluruh Kabupaten Siak.

Mereka kemudian melaksanakan pemilihan Pengurus DPC tersebut melalui musyawarah dengan kelima etnis Batak dari hati ke hati dan penuh pengharapan agar ke depannya suku Batak yang ada tidak ada lagi jurang pemisah di antara kelima etnis Batak tersebut.

Ketua DPC PBB Kabupaten Siak untuk periode 2020-2025 adalah Erliston Siregar dengan alamat jalan Pasar KM 30. RT 003 RW 001, Kelurahan/Desa Minas Barat. Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau.

Dalam sambutannya, Erliston merasa senang terpilih menjadi ketua. “Saya senang terpilih menjadi Ketua DPC untuk Kabupaten Siak, tetapi tugasnya sangat luas dalam memimpin kelima suku Batak. Rasanya saya bersedih karena saya merasa tidak mampu untuk memimpin organisasi ini. Namun, demi bersatunya semua suku Batak saya akan sekuat tenaga dan memberikan pikiran semampu saya agar suku Batak bisa bersatu, bertujuan satu, solidaritas yang baik, toleransi yang penuh dengan hati yang iklas, kerukunan antaretnis dan tidak ada lagi perpecahan antaretnis. Jadi tidak ada lagi kata-kata saya bukan Batak, tetapi yang ada adalah saya Batak. Ini menumbuhkan gotong royong antaretnis. Saya mengharapkan ada satu semboyan, yaitu: satu rasa, satu jiwa, NKRI harga mati. Ini semua tidak akan pernah tercapai bila antaretnis tidak mendukung saya dan saya mengharapkan ego antaretnis kita buang jauh-jauh dan menanamkan ke jiwa masing-masing bahwa saya adalah Batak,” cetus Ketua terpilih tersebut.

Selanjutnya Sekretaris terpilih adalah Adi Natal Sinaga. Ia tinggal di jalan Raya Pekanbaru-Duri KM 85, RT 002 RW 004, Kelurahan/Desa Kandis, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Riau. Sementara sebagai Bendahara Torkis Tampubolon. Ia tinggal di simpang Libo Baru, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Riau.

Untuk membantu roda kepemimpinan, Erliston memilih para ketua kelima etnis sebagai berikut: untuk Ketua Batak Toba terpilih Horas Hermanto Manurung, Ketua Batak Karo terpilih R. Ginting, Ketua Batak Simalungun terpilih Sipayung, Ketua Batak Pakpak terpilih J. S. Hasugian, dan dari etnis Batak Mandailing belum ada. Sementara pemilihan seksi-seksi dalam struktur kepengurusan akan segara direkrut di lain waktu,” tutup Erliston. (JT)

Saksikan video suasana pemilihan DPC di sini:

BACA:  IPC Periksa Mata 5.000 Anak Secara Gratis

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *