Empat Kebijakan Ekonomi Jokowi Dongkrak UMKM Bangkit di Saat Covid-19

MEDAN, PROJUSTISIANEWS.ID — Presiden Jokowi dalam rapat terbatas (ratas) pada Rabu (15/4/2020) menyampaikan Program Mitigasi Dampak Virus Korona (Covid-19) terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Ratas tersebut dilakukan melalui konferensi video dari Istana Merdeka, Jakarta.

Sebagaimana kita ketahui bahwa wabah Covid-19 ini sangat memukul perekonomian kita dan sangat dirasakan penurunan omsetnya oleh masyarakat menegah ke bawah yang menjalankan UMKM. Dalam mengatasi masalah tersebut, Jokowi telah mengeluarkan 4 kebijakan ekonomi untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi UMKM bangkit kembali di masa pandemik Covid-19 ini. Berikut 4 kebijakan tersebut:

Pertama, mempercepat dan dipercepat eksekusi program relaksasi restrukturisasi kredit bagi UMKM yang mengalami kesulitan. Mekanisme bantuan untuk kredit UMKM baik itu berupa subsidi bunga, berupa penundaan pembayaran pokok, kemudian yang penting pemberian tambahan kredit modal kerja harus segera dilaksanakan.

Presiden meminta para menteri terkait dan jajarannya agar segera bergerak. “Jangan menunggu sampai mereka tutup baru kita bergerak. Jangan sampai nanti terlambat dan menimbulkan gejolak di masyarakat. Saya minta semua kebutuhan betul-betul dihitung anggarannya, sehingga kita nantinya bisa memutuskan,” ujar Presiden.

Kedua, dalam masa pandemi ini Presiden juga minta disiapkan sebuah skema baru. Skema baru dalam pembiayaan terutama yang berkaitan dengan investasi dan modal kerja.

“Pengajuannya harus lebih mudah dengan jangkauannya, terutama untuk daerah-daerah yang terdampak,” lanjut Presiden.

Ketiga, untuk usaha mikro dan ultra mikro, Presiden meminta juga dimasukkan dalam skema bantuan sosial, terutama yang berkaitan dengan paket sembako.

Keempat, Presiden minta untuk UMKM diberikan peluang terus berproduksi. “Terutama di sektor pertanian, industri rumah tangga, warung-warung tradisional, dan sektor makanan dengan protokol kesehatan yang ketat,” tandas Presiden mengakhirinya. (BTS)

Sumber: setkab.go.id

BACA:  Kunjungan Kerja ke NTT, Presiden Akan Tinjau Pengembangan Infrastruktur Wisata di Labuan Bajo

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *