Eggi Sudjana Jadi Tersangka Kasus Makar

JAKARTA, PROJUSTISIANEWS.ID — Eggi Sudjana, salah satu tokoh 212 sudah jadi tersangka kasus kejahatan terhadap keamanan negara atau makar sebagaimana Surat Panggilan pemeriksaan dari penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya bernomor S.Pgl/3782/III/2019/Ditreskrimum. Surat tersebut tertanggal 7 Mei 2019. Eggi sendiri menyatakan bahwa ia telah menerima dan membaca surat panggilan polisi tersebut untuk diperiksa sebagai tersangka pada Senin (13/5/2019) pukul 10.00 WIB.

Kepada pers Eggi menyatakan keberatan atas penetapan dirinya sebagai tersangka. Dugaan Eggi bahwa polisi telah melakukan pengembangan kasus atas laporan polisi terhadap dirinya yang dilaporkan Dr Suriyanto, S.H, M.H, M.Kn.

Eggi malah balik bertanya mengapa ia ditetapkan sebagai tersangka padahal belum ada pemeriksaan termasuk dari saksi-saksi pihaknya. Kalau memang pernyataan Eggi terkait ucapannya tentang gerakan “people power“, hal itu “People power tidaklah melanggar Undang-undang,” ujar Eggi. “Saya mengatakan people power karena ada kecurangan dalam Pemilu 2019 dan sampai hari ini kecurangan itu masih terus berlangsung,” tandasnya. 

Meskipun demikian, perkataan Eggi soal kecurangan tersebut harus disertai bukti-bukti yang kuat. Jadi jangan asal mengatakan ada kecurangan dalam Pemilu yang baru berlalu. Eggi pun tidak cermat dalam mengemukakan hal kecurangan tersebut kepada publik.

Berdaarkan Surat Panggilan tersebut, ada tertulis bahwa penetapan Eggi menjadi tersangka didasarkan hasil gelar perkara pada Selasa (7/5/2019). Gelar perkara dilaksanakan dengan kecukupan alat bukti, yaitu: enam keterangan saksi, empat keterangan ahli, barang bukti berupa dokumen yang disita, petunjuk, dan kesesuaian alat bukti. Surat Panggilannya dapat dilihat di bawah ini:

Perwarta: Boy Tonggor Siahaan

BACA:  Terungkap, Kapal BUMN yang Kencing di Laut Milik Pelindo Batam, Suling Minyak ke Kapal Singapura

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *