EDI SILABAN NILAI KINERJA DIRJEN BIMAS KATOLIK PERLU DI EVALUASI

EDI SILABAN NILAI KINERJA DIRJEN BIMAS KATOLIK PERLU DI EVALUASI

PROJUSTISIANEWS.ID, BEKASI – Ketua Pemuda Katolik Komda Jawa Barat, Edi Silaban meminta Kementerian Agama mengevaluasi kinerja Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Katolik. Hal ini diungkapkan Edi dalam Musyawarah Komisariat Cabang (Muskomcab) Pemuda Katolik Komisariat Cabang Kota Bekasi yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna, Marsudirini, Kota Bekasi, Minggu, (26/09/2021).

“Sebagai kader Pemuda Katolik, kita harus keluar dari zona nyaman. Pemuda tidak boleh buta politik, sehingga kita dapat mengawal kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah, terutama dalam hal berkegiatan maupun perizinan pembangunan gereja”.

Edi menyoroti dan mengkritik kinerja Dirjen Bimas Katolik RI terkait tidak adanya output pasca menginvetarisir perkembangan gereja-gereja yang bermasalah khususnya di Jawa Barat.

Menurut dia, komunikasi Dirjen Bimas Katolik RI perlu di evaluasi dengan mengeluarkan penyataan mengajak para tokoh agama melalui para Uskup dalam KWI memperhatikan penyuluh dan pewarta umat Katolik memberi perhatian pada moderasi hidup beragama.

Baca juga: Kemenag Ajak Tokoh Agama Katolik Aktif dalam Penguatan Moderasi Beragama

“Komunikasi ini perlu di evaluasi, saya pikir para Uskup aktif dalam moderasi beragama dan itu merupakan sikap gereja yang sangat moderat.” tandas Edi Silaban.

Muskomcab yang mengusung tema “”Meningkatkan Solidaritas Kader Pemuda Katolik untuk Berperan Penuh di Tengah Masyarakat dan Gereja” ini digelar dengan tetap menerapkan prokes yang ketat. Giat ini merupakan musyawarah tertinggi Pemuda Katolik di tingkat cabang dan dilaksanakan tiga tahun sekali untuk regenerasi kepemimpinan.

Dalam kegiatan secara aklamasi Arnoldus Simbolon dipercaya menjadi Ketua Terpilih Pemuda Katolik Komcab Kota Bekasi.

Baca juga: Dukungan Mengalir Deras Kepada Bupati Sorong

Turut hadir dalam acara diantaranya Pastor Paroki Kampung Sawah Santo Servatius Romo Widoyoko SJ, Ketua DPD KNPI Kota Bekasi Mardani Achmad, Dewan Pembina Pemuda Katolik Komcab Kota Bekasi Walter Fransiskus Sinaga, S.Sos, dan Wakil Walikota Bekasi, Dr. Tri Adhianto Tjahyono.

BACA:  Masyarakat Adat Desak Konsesi Hutan PT Toba Pulp Lestari Dicabut

Acara diwarnai dengan penyerahan secara simbolik Dokumen Abu Dhabi: tentang Persaudaraan Manusia untuk Perdamaian Dunia dan Hidup Bersama dari Pemuda Katolik Komda Jabar kepada Wakil Walikota Bekasi, Dr. Tri Adhianto Tjahyono dan dihadiri oleh GP Ansor Kota Bekasi serta puluhan kader Pemuda Katolik. (Ars/Bks)

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *