DPK GEPENTA Tobasa, Humbahas, dan Taput Sepakat Cegah Narkoba, Tawuran, dan Anarkisme

TOBASA, PROJUSTISIANEWS.ID — Pada Sabtu (12/10/2019) di Sumur Huta Baginda, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Panitia Bersama Pelaksana Pelantikan Pengurus DPK GEPENTA (Gerakan Nasional Peduli Anti Narkoba, Tawuran, dan Anarkisme) dari 3 Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Humbang Hasundutan (Humbahas), dan Tapanuli Utara (Taput) mengadakan pembubaran panitia.

Marlinang Butarbutar selaku Ketua Panitia Bersama Pelantikan dan Bendahara DPK GEPENTA Tobasa menyampaikan bahwa pelantikan pada Jumat (4/10/2019) lalu yang diadakan di Pendopo Bupati Tobasa berlangsung sukses. Acara Pelantikan untuk 3 Kabupaten tersebut berjalan dengan baik dan lancar.

“Kehadiran GEPENTA di Kawasan Danau Toba, khususnya di Tobasa sangat memotivasi pengurus DPK GEPENTA yang peduli akan masa depan generasi yang akan datang. Kawasan Danau Toba merupakan salah satu destinasi wisata yang dicanangkan oleh pemerintah pusat melalui Presiden Jokowi di mana berjuta wisatawan yang akan datang ke Kawasan Danau Toba. Dalam hal ini, tidak menutup kemungkinan para wisatawan akan membawa pengaruh baik positif maupun negatif,” tutur ibu yang memiliki 3 orang anak ini.

“Saya mempunyai anak yang kategori usia labil. Namun, saya tidak ingin anak saya terlibat dalam narkoba, tawuran, dan anarkisme. Maka saya peduli dengan kehadiran Gepenta di Tobasa. Walaupun, dalam hal mewujudkan pelantikan pengurus DPK Gepenta saya terpaksa harus meminjam uang dari rentenir. Karena kalau bukan kita, siapa lagi yang akan menopang keberlangsungan generasi penerus tanpa narkoba, tauwaran, dan anarkisme?” tandasnya.

Marlinang Butarbutar juga berharap agar pemerintah dapat bekerjasama dengan Gepenta, sekaligus bermitra. “Sebenarnya ini programnya pemerintah dalam memberantas narkoba, tawuran, dan anarkisme. Namun, tidak menutup kemungkinan kehadiran masyarakat melalui Gepenta untuk bersama-sama dalam mewujudkan kegiatan tersebut dengan pemerintah. Artinya pemerintah merupakan bagian dari mitra kerja Gepenta,” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh ketua pengurus DPK Gepenta Taput, yakni Paffi Sihombing. Ia mengatakan: “Kita pengurus Gepenta harus mengadakan kerjasama dengan pemerintah dan berbagai stakeholder lainnya. Pemerintah adalah mitra kerja kita. Maka sinergitas perlu dibangun antara Gepenta dan Pemerintah. Jadi selayaknya kita jangan menjadi pesimis dalam mewujudkan rencana program kegiatan Gepenta. Mari saling bahu membahu antara sesama pengurus DPK Gepenta di 3 Kabupaten ini. Bahkan klo bisa, Kabupaten Samosir juga harus kita libatkan. Karena kabupaten tersebut merupakan bagian dari Tapanuli Raya.”

“Betul. Saya sepakat dengan apa yang disampaikan ketua DPK Gepenta Taput,” sambut Ketua DPK Gepenta Tobasa, Adi Marbun. Adi mengajak masing-masing pengurus DPK Gepenta agar tidak pesimis dalam menjalankan kegiatan program. Dalam hal ini, ia menyanggah pernyataan pengurus DPK Gepenta Humbang Hasundutan. DPK Humbang Hasundutan sudah melakukan aksi semenjak tahun 2018. Namun mereka sangat kesulitan dalam hal anggaran dana. Para stakeholder terkesan menutup mata dalam hal kerjasama yang akan dilakukan.

Ketua DPK Humbang Hasundutan, Tampubolon menyatakan: “Sebenarnya kehadiran Gepenta lebih terhadap masyarakat luas. Kami sebagai pengurus hanya sekadar menjalankan kegiatan program. Karena narkoba memang sangat berbahaya terhadap semua kalangan masyarakat, terkhusus pada kalangan generasi muda. Makanya saya juga tertarik dan ingin terlibat langsung dalam kepengurusan DPK Gepenta Humbang Hasundutan. Namun, hal ini sangat disayangkan terkait pernyataan salah satu pegawai pemerintah di Humbang Hasundutan yang mengatakan: “Na naeng mar proyek do hamu? (mau main proyekkah kalian?)” Mereka (Pemerintah) terkesan berpikiran negatif atas apa yang akan dilakukan oleh teman-teman pengurus DPK Gepenta.

Untuk menepis keraguan itu, Adi Marbun juga memberi semangat terhadap semua pengurus DPK Gepenta dengan mengatakan: Let’s think out of the box.” (Mari berpikir secara luas)

“Biarlah waktu berbicara atas apa yang telah dilakukan oleh masing-masing pengurus DPK Gepenta. Yang pasti kita harus semangat dan optimis selalu,” ujarnya seraya menutup pertemuan Rapat Pembubaran Panitia tersebut.

Sebagai informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

  • Adi Marbun Ketua DPK Gepenta Toba Samosir ( 081 328 202 555).
  • Paffi Sihombing Ketua DPK Gepenta Taput (0812 6916 7705).
  • Manganju Tampubolon Ketua DPK Gepenta Humbang Hasundutan (0852 7577 8830).

Pewarta: Boy Tonggor Siahaan

BACA:  Dewinta Illinia, Cerdas Seperti Ibunya Sri Mulyani

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *