Ditpam BP Batam, Tertibkan Lahan Garapan Hutan Lindung Dam Mukakuning

BATAM, PROJUSTISIANEWS.ID — Direktorat pangamanan (Ditpam) badan pengawasan (BP) menertibkan lahan yang digarap oleh warga di kawasan hutan lindung Dam Mukakuning, Kecamatan Sei Beduk, Kota Batam, Kamis (11/4/2019).

Penertiban tersebut dilakukan akibat pembalakan hutan lindung sebagai daerah tangkapan air, yang dilakukan oleh oknum yang belum diketahui identitasnya, yang diduga sengaja membakar lahan, kemudian menanam berbagai jenis tanaman.

Willem Sumanto selaku Kasi hutan dan patroli BP Batam, menyampaikan modus pelaku menggarap lahan tersebut dengan membakar lahan, dan menanami tanaman. Ada sekitar 10 hektar luas lahan yang dibakar pada pertengahan bulan maret kemarin, yang membuat tim dari Ditpam, Manggala dan dinas kehutanan bekerja keras hingga 3 hari untuk memadamkan api, tuturnya.

Willem menambahkan praktek penggarapan seperti ini akan berpengaruh dengan debit air, karena pohon-pohon sebagai peresap air sudah habis.

Ini atensi, kami akan pantau terus, jika ketahuan ada oknum yang masih melakukan praktek seperti ini, kami akan proses hukum kepihak berwajib

Pantauan dilokasi, Ditpam BP  menurunkan 100 personil dalam penertiban tersebut. Mereka mencabuti semua tanaman  oknum, seperti : singkong, nangka, pohon karet, pinang, nenas, dll.

(Sumber: hmstimes.com)

BACA:  Perampok Pakai Obeng dan Balok Kayu Diringkus Polisi

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *