Diduga Rugikan CPNS, Menteri Syafruddin Disomasi

JAKARTA, PROJUSTISIANEWS.ID — Sebanyak 261 lulusan seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS 2018 berencana mensomasi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Syafruddin. 

Kuasa hukum Forum Komunikasi Lulusan SKD seleksi CPNS 2018, Pitra Romadoni Nasution mengatakan, somasi dilayangkan lantaran tak kunjung diangkatnya para lulusan SKD itu, padahal mereka sudah memenuhi syarat.

“Ratusan orang ini sudah telah lulus seleksi kompetensi dasar, memenuhi syarat CPNS tapi  tidak juga diangkat jadi CPNS. Jadi kami hari ini resmi mensomasi Menteri Syafruddin,” ujar dia dalam keterangan pers di Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Pitra menilai PermenPAN-RB No 61 Tahun 2018 tentang optimalisasi pemenuhan kebutuhan/formasi pegawai negeri sipil yang terbit saat seleksi CPNS berlangsung telah merugikan klienya. 

“Kliennya telah memenuhi syarat sesuai dengan yang dibuat oleh MenPAN-RB yaitu dengan nilai yaitu dengan nilai tes intelegensia umum (TIU) 80, tes karakteristik pribadi (TKP) 143 dan tes wawasan kebangsaan (TWK) 75. Bahkan ada lagi lulusan terbaik itu tidak diluluskan juga,” ungkapnya

Tak hanya itu, menurut Pitra, kliennya sudah menemui sejumlah lembaga kementerian, seperti Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Kementerian PAN-RB hingga Badan Kepegawaian Nasional (BKN). 

“Namun tak kunjung menemukan titik terang. Pitra menilai kementerian tersebut tidak serius menangani keluhan kliennya,” sambungnya.

Jika somasi yang dilayangkan tidak juga  ada respons, dia berencana mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. (katta.id)

BACA:  BNI Gandeng UNS dan Bulog Salurkan KUR ke Petani Pangan

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *