Dana BLT Harus Dibelanjakan untuk Kebutuhan Pokok Sehari-hari

KANDIS, PROJUSTISIANEWS.ID — Dana BLT (Bantuan Langsung Tunai) harus dibelanjakan untuk kebutuhan pokok sehari-hari seperti membeli beras, ikan, cabe, dan lain-lain. Demikian disampaikan Kepala Kampung Samsam, Azam Munthe, di hadapan masyarakat penerima BLT dari sumber dana desa. Arahan dari Kepala Kampung tersebut disampaikan pada Selasa (30/6/2020) di Kantor Desa Samsam. Turut hadir pada saat pemberian arahan tersebut seluruh perangkat Kampung Samsam, baik RT (Rukun Tetangga) maupun RK (Rukun Kampung).

Dalam arahannya, Kepala Kampung Samsam menekankan kepada masyarakat penerima BLT Dana Desa agar selalu mengikuti arahan dari pemerintah,  melalui dinas kesehatan, yaitu: selalu mengikuti protokol kesehatan demi memutus Covid-19 yang saat ini gencar-gencarnya harus bersama-sama kita perangi. Masyarakat tetap antusias mendengarkan arahan tersebut sekalipun panasnya terik matahari pada pukul 13:30 WIB.

Azam Munthe juga mengatakan kepada masyarakat bahwa penerima BLT Dana Desa yang besarnya Rp600.000/KK (Kepala Keluarga) selama 3 periode yang hari ini, 30 juni 2020, adalah penerimaan yang ketiga. Jadi untuk penerimaan Juli, Agustus, dan September tetap dilakukan, namun jumlah yang akan diterima menjadi Rp300.000/KK. 

Lebih lanjut Kepala Kampung Samsam mengatakan bahwa bila ada  masyarakat yang sudah terlanjur menerima BLT Dana Desa, padahal masyarakat sudah terdaftar dalam penerima BLT dari Dana Pusat, baik itu penerima PKH , BPNT , BST KEMENSOS, agar dengan kesadaran sendiri dapat mengembalikan jumlah yang diterima. Kita sebagai penerima pendataan masyarakat ada kesilapan dalam pembuatan data. Saya sangat mengharapkan kerjasamanya yang baik agar bantuan pemerintah benar-benar tersalurkan dengan baik. Saya sangat menghimbau bagi Pengurus RT, RK, maupun KADUS agar tidak melakukan pemotongan jumlah yang diberikan kepada masyarakat.

Pembangian BLT Dana Desa berjalan dengan kondusif dan tentram. Masyarakat menunggu antrian dengan cara memberi jarak antara orang per orang sebelum pemanggilan nama-nama penerima BLT Dana desa. Dalam penyerahan bantuan tersebut diadakan pengambilan foto dokumentasi Kepala Kampung Samsam, Azam Munthe, dengan para peserta penerima bantuan. (JT)

BACA:  Kita Semua Bersaudara, 11 LSM se-Kepri Galang Bantuan

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *