Cara Menghitung Progres Pekerjaan AC-BC dan AC-WC

JAKARTA, PROJUSTISIANEWS.ID — Pada artikel ini kita akan membahas mengenai proyek jalan tepatnya pada pekerjaan aspal AC-BC dan AC-WC. AC-BC merupakan bagian dari struktur jalan perkerasan fleksibel berupa campuran aspal atau hotmix yang terletak di bawah lapisan AC-WC. Sedangkan AC-WC Adalah perkerasan aspal yang memiliki kadar aspal lebih tinggi dibanding AC-BC dan terletak di posisi paling atas jalan. AC-WC ini bersinggungan langsung dengan roda kendaraan yang melintas sehingga menyebabkan aspal akan aus. Lapisan AC-BC dan AC-WC merupakan item pekerjaan Mayor pada proyek jalan sehingga sekecil apapun realisasi di lapangan akan berpengaruh terhadap progres proyek.

Progres pekerjaan adalah Suatu ukuran jelas untuk mengetahui sampai sejauh mana pekerjaan itu telah dilakukan. Progres biasanya menggunakan ukuran Persen (%). Persentase Progres ini biasanya didapatkan dari Volume realisasi di lapangan dikalikan dengan bobot pekerjaan tersebut. Dalam pekerjaan AC-BC dan AC-WC, perhitungan Progres pekerjaan dilakukan dengan Cara menghitung volume realisasi terpasang. Perhitungan volume terpasang sangat tergantung dari spesifikasi dan kontrak yang digunakan. 
Secara umum perhitungan Progres AC-BC dan AC-WC menggunakan Prinsip Volume × Bobot. Berikut ini kita Sajikan contoh kasus yang akan dihitung Progresnya. 
Total rencana jalan = 3 km
Lebar perkerasan aspal = 3,5 m
Realisasi AC-BC = 2000 m
Realisasi AC-WC= 1000 m 
Bobot AC-BC = 20% 
Bobot AC-WC =25%
Tebal AC-BC = 0,061 m
Tebal AC-WC = 0,042 m

Berat jens AC- BC = 2,5 ton/m3
Benar jenis AC-WC = 2,7 ton/m3

Berapa progres proyek saat ini?
Sumber:  ilmuproyek.com
BACA:  Pertolongan Pertama untuk Orang Terkena Serangan Jantung Mendadak

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *