Belajar untuk Tidak Konsumtif Saat Berbelanja

JAKARTA, PROJUSTISIANEWS.ID — Mengapa kita menjadi orang yang konsumtif saat berbelanja? Itu karena kita tidak memiliki konsep atau cara berbelanja yang tertib dan benar. Banyak orang yang mengalami kesulitan saat berbelanja, dan akhirnya menghamburkan banyak uang untuk hal-hal yang kurang perlu.

Kita sering memiliki kelemahan saat berbelanja, di mana kita kadang-kadang membeli barang-barang yang terasa perlu saat berada di pasar swalayan atau di mal, namun setibanya di rumah, ternyata kita membeli begitu banyak barang yang tidak terlalu penting atau perlu. Kemudian, barang tersebut ditaruh dalam sudut lemari sebelah dalam, dan tersimpan sebagai “stok”, dan akhirnya barang tersebut tidak terpakai untuk jangka waktu yang cukup lama. Jika kita belanja seperti itu, maka kita sudah menjadi orang yang konsumtif. Hal ini sering terulang dan berulang lagi.

Ada beberapa tips atau kiat untuk mencegah kita menjadi orang yang konsumtif:

  1. Jangan berbelanja seketika, tetapi buatlah rencana belanja yang matang.
  2. Sebelum berangkat ke pasar swalayan, buatlah daftar barang belanjaan Anda di secarik kertas atau ketik di HP Anda.
  3. Siapkan uang tunai sesuai total biaya dari daftar belanjaan tersebut. Tambahkan biaya tak terduga sebesar 5-10% dari total biaya tersebut.
  4. Jangan bawa kartu debet atau kredit, tetapi uang tunai. Kartu debet atau kredit kadangkala membuat kita terjebak pada pola konsumtif.
  5. Belanjalah sesuai dengan daftar yang Anda buat dan jangan membeli barang apapun, meskipun ada diskon besar, yang tidak tercatat dalam daftar tersebut.
  6. Bila Anda perlu minum dan makan saat belanja, maka ambil dari biaya tak terduga yang Anda siapkan.
  7. Setelah belanja langsung pulang ke rumah.

Seandainya Anda tidak ingin membawa uang tunai, dan tetap ingin memakai kartu kredit (sebagai pengganti uang tunai), maka pastikan Anda memiliki uang tunai tersebut sebelum belanja yang telah tersedia dalam rekening Bank Anda. Jangan membuat utang baru dengan alasan apapun, atau Anda melakukan pembayaran biaya hidup sekarang dengan gaji atau pendapatan masa depan.

Bila Anda mampu menguasai diri Anda dengan baik, maka niscaya masa depan Anda akan terbuka luas dan Anda akan bahagia dengan segala usaha yang telah Anda lakukan.

Semoga kiat 7 langkah belanja tersebut, dapat membuat Anda tidak konsumtif demi masa depan Anda sendiri.

Ikuti kiat 7 langkat tersebut secara teratur setiap kali Anda ingin belanja, niscaya Anda dapat menjadi orang yang tidak konsumtif lagi. Cobalah!

Penulis: Boy Tonggor Siahaan
Facebook Page: Boy Tonggor Siahaan
Twitter: @Siahaan_Boy
Instagram: @boytonggorsiahaan

BACA:  Contemplatio Post-Natalis

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *