Belajar dari Covid-19, Setiap Rumah Menjadi Sekolah

BATAM, PROJUSTISIANEWS.ID – Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Hendri menegaskan bahwa pendidikan tidak boleh terhenti. Baik oleh alasan apapun, termasuk pandemi Covid-19.

Menurutnya, pembelajaran dapat berlangsung dimana saja, kapan saja, dengan apa saja. Ia pun mengutip petuah Ki Hajar Dewantara.

“Apa yang disampaikan Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara yaitu setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah, saat ini dengan nyata sedang berlangsung,” tegasnya, Sabtu (2/5/2020).

Merdeka belajar yang menjadi terobosan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, lanjut Hendri, menjadikan satuan pendidikan, guru, dan muridnya punya kebebasan untuk belajar dengan mandiri. Selain itu juga mempunyai inovasi dan menuntut guru mampu melaksanakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan dengan menggunakan teknologi informasi.

Dengan desakan covid-19, mereka dipaksa untuk melaksanakan semua itu dan saat ini sedang berlangsung. Seluruh siswa mulai dari PAUD, SD/MI, SMP/MTs sampai dengan Perguruan Tinggi, termasuk orangtua karena harus membimbing anaknya sedang belajar mandiri melalui barbagai sumber belajar yang ada baik buku, internet/media informasi, alam, lingkungan dan sebagainya.

“Terima kasih kepada seluruh orangtua siswa yang hebat dan seluruh tenaga pendidik yang telah melaksanakan pendidikan jarak jauh. Selamat hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2020, belajar dari covid-19 semoga pendidikan Batam jaya selalu,” ujarnya. (Gg)

BACA:  Dilema Mengatasi Monyet Liar

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *