Aksi CYC Bagi Masker di Hari Sumpah Pemuda

Projustisianews.id, Batam – Sejak pagi hari sekelompok pemuda sudah berkumpul di alun-alun Engku Putri, Batam, Kepulauan Riau. Mereka melakukan aksi kepedulian, untuk memperingati Sumpah Pemuda yang selalu digelar setiap 28 Oktober. Di tahun yang ke-92 Sumpah Pemuda itu, kelompok pemuda yang menamakan dirinya Christian Youth Community (CYC) itu mengisi berbagai cara. Salah satunya, membagi-bagikan masker kepada para pekerja taman, tenaga keamanan, dan juga kepada warga sekitar yang sedang berada di tempat tersebut, Rabu, 28 Oktober 2020.

Yaaro Zebua, Pembina CYC, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya membangun respon para pemuda di Kota Batam, sebagai generasi penerus bangsa agar memiliki rasa kepedulian terhadap permasalahan bangsanya. “Kita perlu menanamkan kecintaan bangsa pada generasi muda melalui kegiatan aksi nyata,” kata Yaaro Zebua. Apalagi, saat ini, kata Zebua, bangsa ini sedang menghadapi permasalahan yang cukup berat. “Masa pandemi covid-19 yang tak kunjung selesai,” kata Yaaro Zebua yang juga Ketua Badan Musyawarah Antar Gereja (Bamag) Batam.

Christian Youth Community  (CYC) mengisi hari Sumpah Pemuda 28 Oktober dengan kegiatan positif, berbagi masker.    (Foto: Yudhy Sanjaya)

Aksi pembagian masker ini diikuti sejumlah pemuda dari berbagai kampus. Sebagian dari pemuda itu sudah bekerja. Cindy Lubis, Koordinator Komunitas CYC, mengatakan animo keikutsertaan kegiatan ini sangat besar, namun jumlahnya harus dibatasi karena terkait dengan protokol kesehatan. “Yang ikut serta dalam aksi ini 30 orang pemuda dari berbagai kampus,” kata Cindy. Mengingat pandemi masih mewabah, anggota komunitas yang ikut sengaja dibatasi. “Sebenarnya jumlahnya bisa lebih besar lagi, tetapi kami tetap menjaga protokol kesehatan,” kata Cindy, yang juga mahasiswi Politeknik Negeri Batam. Menurut Cindy, mereka ingin menunjukkan bahwa pemuda juga ikut dan mau mengambil bagian dalam memutus rantai penyebaran covid-19 dengan membagikan 1000 masker.

Selain itu, Yudhy Sanjaya, yang juga Pembina CYC dan tokoh penggerak pemuda Batam, ikut andil dalam kegiatan positif tersebut. Yudhy Sanjaya mengatakan: “Kesatuan bangsa harus tetap dipelihara dan diusahakan. Perbedaan bisa saja terjadi tetapi kepentingan bangsa dan negara itu mesti diutamakan. Karena spirit dari sumpah pemuda,” kata Yudhy dalam pesan moralnya kepada generasi muda. Melalui aksi sederhana, Yudhy Sanjaya berharap, hal ini menjadi inspirasi bagi pemuda lainnya untuk tetap berkarya meskipun dalam kondisi yang sulit. Aksi diakhiri dengan menyatakan ikrar Sumpah Pemuda untuk satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa Indonesia. Lalu, ditutup dengan doa bersama bagi bangsa dan negara.

Tulisan ini disumbangkan Yudhy Sanjaya.

 

BACA:  SPNI Pelopor Pahlawan Pelaut Naimarata Indonesia

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *